0858-6975-6558 pui@unisayogya.ac.id

Pelatihan Ekstraksi Data

“Cara Gampang Eliminasi 6000 Data dalam 2 Jam”

Yogyakarta, Sabtu (11/3) Pusat Studi Perempuan, Keluarga, dan Bencana Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan ekstraksi data dengan tajuk “Cara Gampang Eliminasi 6000 Data Dalam 2 Jam” yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Pelatihan tersebut merupakan follow up dari kegiatan sebelumnya yaitu workshop literature review yang telah terlaksana pada bulan Januari. 

Pelatihan ekstraksi data dibuka oleh Sekretaris Pusat Studi Perempuan, Keluarga, dan Bencana Ibu Dr. Farida Kartini, M.Sc. Sekretaris PSPKB Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berharap dengan adanya pelatihan ekstraksi data yang dihadiri para peneliti PSPKB dan dosen UNISA ini dapat membantu memecahkan permasalahan dalam penulisan systematic review sehingga kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dapat meningkat.

Pelatihan ini dibersamai oleh Wawan Febri Ramdani, S.Kep., Ns., M.Kep., sebagai narasumber dari tim divisi jurnal dan publikasi, Pusat Studi Perempuan, Keluarga, dan Bencana (PSPKB). Melakukan eliminasi data dengan jumlah ribuan saat melakukan systematic review menjadi keluhan banyak penulis. Pada penyampaian materinya Bapak Wawan membagikan strategi mudah untuk bisa melakukan proses eliminasi dengan cepat dan peserta pelatihan yang terdiri dari tim peneliti dan dosen diajak untuk praktik langsung. Pada akhir pelatihan ekstraksi data terdapat sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta pelatihan sangat aktif dalam berdiskusi menunjukan antusiasme terhadap materi yang dibawakan oleh narasumber.