0858-6975-6558 pui@unisayogya.ac.id

Workshop Literature Review

Sebanyak 30 Dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta bergabung dalam Tim Peneliti Pusat Studi Perempuan, Keluarga dan Bencana yang miliki visi untuk menjadi Pusat studi berwawasan kesehatan pilihan dan unggul berlandaskan nilai-nilai islam berkemajuan dengan melaksanakan berbagai kajian, riset, advokasi, edukasi dan pengembangan multidisiplin yaitu terkait Perempuan, Keluarga dan Bencana.

Pada tanggal 25 Januari 2023, Pusat Studi Perempuan, Keluarga dan Bencana (PSPKB) berhasil menyelenggarakan Wokshop Literature Review dengan menggait sasaran para peneliti PSPKB dan seluruh Dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Ketertarikan peserta terhadap topik workshop sangat baik, sehingga PSPKB mengadakan workshop literature review lanjutan pada tanggal 30 Januari 2023 untuk memberikan pengetahuan terkait literature revuew lebih mendalam lagi.

Literature review sendiri bertujuan untuk mendapatkan landasan teori yang bisa mendukung pemecahan masalah yang sedang diteliti. Teori yang didapatkan merupakan langkah awal agar peneliti dapat lebih memahami permasalahan yang sedang diteliti dengan benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah.

Kegiatan Workshop tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Unisa Yogyakarta. Dalam sambutannya Taufiqurrahman, Ph.D. menyambut baik langkah yang di ambil oleh PSPKB untuk menyiapkan peneliti- peneliti yang kompeten Unisa Yogyakarta “Bagi saya kegiatan ini sangat baik, saya mengharapkan Unisa Yogyakarta dapat menjadi pusat unggulan, sehingga nantinya dapat menjadi rujukan riset bagi Universitas- universitas diluar sana,”

Dengan total peserta 60 Dosen, workshop tersebut dipandu oleh Wawan Febri Ramdani, S.Kep., Ns., M.Kep dan Dr. Dhesi Ari Astuti, S.Si., M.Kes. Dengan membawakan materi terkait Scoping Review, Systematic Review hingga praktik penulisannya. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peneliti dan dosen dalam kepenulisan Literature Review hingga menghasilkan naskah yang sesuai standar publikasi.