0858-6975-6558 pui@unisayogya.ac.id

 Pertemuan peneliti Pusat Studi Perempuan, Keluarga dan Bencana (PSPKB), diselenggarakan pada tanggal 28 Desember 2022. Berlangsung di Gedung Siti Moendjijah, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Pusat Studi Perempuan, Keluarga dan Bencana yaitu Dr. Ns. Mamnu’ah, M.Kep. Sp. Kep.J dan didampingi oleh Dr. Farida Kartini, M.Sc selaku Sekertaris PSPKB. 

PSPKB memiliki tujuan untuk meningkatkan pengembangan keilmuan multidisiplin secara terpadu dan berkelanjutan terkait perempuan, keluarga dan bencana yang berwawasan kesehatan dalam kerangka islam berkemajuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, PSPKB perlu untuk membentuk tim peneliti yang akan menjadi motor penggerak dalam kemajuan penelitian dan pengembangan terkait 3 topik kajian PSPKB.

Pertemuan perdana peneliti PSPKB diikuti 25 peserta yang merupakan dosen-dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogayakarta dari berbagai program studi dan berbagai kepakaran. Dengan keanekaragaman tersebut, diharapkan dapat menjadi nilai lebih dan menjadikan hasil-hasil riset PSPKB lebih berkualitas.

Dalam pertemuan tersebut memiliki agenda untuk memperkenalkan PSPKB kepada para peneliti baru yang kedepannya pengurus PSPKB dan para peneliti dapat memiliki persepsi dan pemahaman yang sama sehingga dapat memajukan PSPKB dan mengharumkan nama Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Selain itu, Dr. Ns. Mamnu’ah, M.Kep. Sp. Kep.J juga membuka forum diskusi dalam pertemuan tersebut dengan bahasan rencana program kerja dan pembagian divisi kerja PSPKB. Para peneliti sangat aktif dalam menyampaikan berbagai saran dan pendapat terbaik untuk PSPKB kedepannya. Hasil dari diskusi tersebut, telah disepakati bahwa terdapat 6 Divisi kerja yaitu Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Pendidikan dan Pelatihan, Divisi Jurnal dan Publikasi, Divisi Relasi dan Humas, Divisi Media dan Infromasi dan Divisi Sarana dan Prasarana. Yang kedua, dari 3 topik kajian PSPKB akan dibagi menjadi 3 kelompok peminatan terpisah. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah para peneliti menentukan arah spesifikasi dan cakupan dari setiap topik kajian dan roadmap penelitiannya. Ketiga, Pusat Studi Perempuan, Keluarga dan Bencana akan dibentuk jurnal yang dikelola oleh PSPKB sendiri.